Menu

Mode Gelap

Penelitian · 25 Jun 2022 01:31 WIB

EFEKTIVITAS APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING PADA MATA KULIAH ALJABAR


					EFEKTIVITAS APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING PADA MATA KULIAH ALJABAR Perbesar

A. KAJIAN LITERATUR

 

  1. Penelitian Terdahulu

Ada bebarapa hasil penelitian yang sudah dikutip dari berbagai isi jurnal tentang keefektivan zoom dalam pembelajaran seperti contoh berikut :

Efektivitas Pembelajaran Matematika Dasar melalui Permainan Dadu Paud Usia 5-6 Tahun di TKIT Aljabar Nini Wahyuni, Lily Yuntina Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3), 6474-6481, 2021
Latar belakang penelitian ini adalah ingin mengetahui efektivitas dari sebuah mata pelajaran yang diberikan kepada siswa TKIT Aljabar guna memperbaiki sistem agar mata pelajaran bisa jadi lebih menarik dan lebih menyenangkan yang akan diterapkan kepada siswa siswa agar mata pelajaran tersebut bisa di mengerti oleh siswa siswa. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif menggunakan program penelitian tindakan kelas survei yang dilakukan kepada orang tua murid siswa TKIT Aljabar. Masalah yang diangkat pada penelitian kali ini adalah bagaimana mengetahui efektivitas dari setiap mata pelajaran yang ada pada TKIT aljabar sehingga bisa memberikan hasil yang baik kepada siswa tersebut oleh karena itu dengan adanya masalah tersebut maka diberikan survei kepada orang tua murid yang bisa melihat langsung hasil dari belajar mata pelajaran yang ada pada TKIT Aljabar dengan menggunakan teori Kemmis & McTaggart. Pada penelitian kali ini menghasilkan sebuah data yang diambil berdasarkan survei kepada orang tua siswa terkait aljabar, dengan data tersebut maka dapat diketahui bahwa efektivitas dari mata kuliah matematika dasar jika menggunakan permainan dadu pada anak usia 5 sampai 6 tahun adalah sangat efektiv, karena bisa melihat hasil nilai yang ada pada anak mereka sehingga mata pelajaran matematika merupakan pelajaran yang efektif jika diterapkan dengan permainan dadu.

Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19
Junita Monica, Dini Fitriawati
Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi 9 (2), 1630-1640, 2020
Karena penyebaran covid-19 yang terjadi di Indonesia, seluruh Mahasiswa di Indonesia diwajibkan untuk belajar Online dirumah. ARS University adalah salah satu kampus yang menerapkan pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom. Zoom Cloud meeting merupakan salah satu media pembelajaran online yang sering digunakan di ARS University. Efektivitas pembelajaran online sangat perlu diperhatikan agar mahasiswa memahami saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana efektivitas pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom di ARS University. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada paradigma post positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom sudah efektiv. Pembelajaran secara online mendapat tanggapan sangat baik dari mahasiswa karena pembelajaran yang lebih fleksibel saat menggunakanya. Dengan adanya pembelajaran online menjadikan mahasiswa lebih mandiri dan mendorong Mahasiswa harus lebih aktif dalam perkuliahan. Banyaknya fitur di dalam zoom menjadikan pembelajaran lebih menarik. Selain itu, pemahaman dan penerimaan yang disampaikan oleh dosen dapat dirasakan oleh mahasiswa ARS.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dalam jaringan Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar
Damianus D Samo, Ofirenty E Nubatonis
FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA 2 (2), 116-125, 2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam jaringan pada mata kuliah Struktur Aljabar. Penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Kemp. Perangkat yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah RPS, RTS, bahan ajar, video pembelajaran dan tes hasil belajar. Hasil validasi dan ujicoba perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan valid, praktis dan efektif. Rata-rata penilaian validator terhadap RPS, RTS, Bahan ajar, Video Pembelajaran dan Tes Hasil belajar berturut-turut adalah 3.72, 3.76, 3.76, dan 3.72 dengan kriteria baik. Rata-rata nilai pengamatan oleh observer 1, observer 2 dan observer 3 berturut-turut adalah 4, 00 4.06, dan 4.12 dengan kategori baik. Hasil respon mahasiswa menunjukkan bahwa 93.482% mahasiswa menyatakan puas terhadap komponen pengajaran, 84.09% mahasiswa menyatakan puas terhadap kebaruan komponen pembelajaran, 94.87% menyatakan berminat untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya, 88.88% menyatakan puas terhadap kejelasan bahasa, 91, 42% menyatakan puas terhadap tampilan bahan ajar dan video pembelajaran. Validasi soal menunjukkan terdapat 3 butir soal dengan validitas tinggi, dan terdapat 6 butir soal dengan validitas cukup. Selanjutnya, koefisien reliabilitas tes= 0.79 yang menunjukkan bahwa tes hasil belajar mempunyai reliabilitas tinggi dan digunakan tanpa revisi. Dengan demikian, validasi dan ujicoba perangkat menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa efektif, kemampuan dosen mengelola pembelajaran baik, respon mahasiswa positif serta tes hasil belajar yang valid dan reliabel. Kata kunci: aljabar, kemp, pengembangan, perangkat, pembelajaran.

  1. Studi Pustaka
    Zoom cloud meeting adalah aplikasi komunikasi dengan menggunakan video dimana aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler hingga telepon dan sistem ruang. Biasanya aplikasi zoom ini digunakan untuk meeting konferensi video dan audio. Selain itu aplikasi zoom meeting juga sangat berguna untuk proses belajar mengajar secara online serta rapat-rapat penting perusahaan tanpa perlu bertatap muka.
    (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://dailysocial.id/post/apa-itu-zoom&ved=2ahUKEwjtofnD9vf3AhXXUGwGHVQcCjMQFnoECAYQAQ&usg=AOvVaw1DUmCIUhVbYVufRuqxUf_L) Bambang Winarso – 26 July 2021

Efektivitas adalah ukuran berhasil tidaknya pencapain tujuan suatu organisasi mencapai tujuannya. Apabila tercapai tujuaannya maka organisasi tersebut telah berjalan dengan efektif.

https://www.google.com/search?q=efektivitas+adalah&client=ms-android-vivo&sxsrf=ALiCzsYLd5Ncj3lPblsl-OwS_LskM0S10Q%3A1653388388311&ei=ZLSMYsXXEt6aseMPm9ergAI&oq=efek&gs_lcp=ChNtb2JpbGUtZ3dzLXdpei1zZXJwEAEYADIECCMQJzIECCMQJzIECAAQQzIHCAAQsQMQQzIECAAQQzIECAAQQzIECAAQQzIECAAQQzoHCCMQ6gIQJzoLCAAQgAQQsQMQgwE6BQgAEIAEOggIABCABBCxAzoHCCMQsQIQJ0oECEEYAFC8C1jeGWCHJ2gDcAF4AIABhwGIAZoEkgEDMi4zmAEAoAEBsAEPwAEB&sclient=mobile-gws-wiz-serp Menurut Mardiasmo (2017: 134)

Aljabar adalah cabang matematika yang berkaitan dengan simbol – simbol dan kaidah untuk mengatur simbol tersebut dimana simbol tersebut pada aljabar dasar menunjukkan kuantitas tanpa nilai tetap yang disebut variable. Aljabar juga memiliki fungsi yang bisa didefinisikan sebagai akar dari sebuah persamaan aljabar. Ekpresi aljabar menggunakan sejumlah suku terbatas, yang melibatkan operasi aljabar seperti penambahan , pengurangan , perkalian , pembagian , dan peningkatan menjadi pangkat pecahan.

( www.livescience.com).

 

 

B. METODOLOGI PENELITIAN

Dalam penelitian ini kami menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dalam bentuk kuesioner (google form) dan flowchart hasil penelitian .

  1. Jenis penelitian
    Jenis penelitian yang di buat dalam penelitian ini adalah, jenis penelitian kuantitatif. metode penelitian kuantitatif yaitu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan atau memecahkan masalah secara hati hati atau sistematis, dan data data yang di kumpulkan berupa rangkaian ataupun kumpulan angka angka.Oleh karena itu , teknik pengumpulan data dapat dikatakan sebagai cara untuk penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner atau angket,atau tes uji coba sebagai upaya mengetahui tingkat validitas dan realibilitas sebuah kuesioner.

  2. Sampel penelitian
    Variable Dan Penelitian ini seluruh mahasiswa sistem informasi Angkatan 2021

  3. Responden penelitian
    Dalam penelitian ini menggunakan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa sistem informasi angkatan 2021 sedangkan penentuan sampel penelitian dilakukan oleh mahasiswa sistem informasi kelas A. Banyak dari responden dalam penelitian ini berjumlah 27 orang.

  4. Flowchart Penelitian

Flowchart

5. Hasil Dan Pembahasan
Dari hasil wawancara yang telah terkumpulkan dalam bentuk google form dimana tautannya dibagikan kepada responden melalui grup whatsapp yaitu kelas SI21A Universitas Nusa Putra Sukabumi pada hari Selasa, 17 Maret 2022 .

 

UJI PENELITIAN DAN HASIL INTERPRETASI

1. UJI PENELITIAN
1.1. VALIDITAS

*. Correlation is significant at the 0.05 level (2-tailed).
**. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed).

Interprestasi: Berdasarkan output “Correlations” diketahui nilai r hitung (nilai Pearson Correlation X1 dengan X_TOTAL) adalah sebesar 0,447. Dengan nilai r tabel untuk N=26 pada signifikan 5%, ditemukan nilai r tabel sebesar 0,388. Nilai r hitung X1 sebesar 0,477 > r tabel 0,388, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji validitas dapat disimpulkan bahwa X1 adalah VALID.

1.2 UJI REALIBILITY

Adapun dasar pengambilan keputusan dalam uji realibilitas adalah sebagai berikut:

Jika nilai Cronbanch’s Alpha > 0,60 maka kuesioner atau angket dinyatakan reliabel atau konsisten.

Sementara, jika nilai Cronbanch’s Alpha < 0,60 maka kuesioner atau angket dinyatakan tidak reliabel atau tidak konsisten.

Dari tabel diatas diketahui ada N of items (banyaknya uitem atau butir pertanyaan angket) ada 10 buah item dengan nilai sebesar 0,899. Karena nilai Cronbanch’s Alpha 0,899 > 0,60, maka sebagaimana keputusan dalam uji realibilitas di atas, dapat disimpulkan bahwa ke-10 atau semua item pertanyaan angket untuk variable “Efektivitas Aplikasi Zoom meeting dengan mata kuliah aljabar ”

 

1.3 UJI KORELASI

**. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed).

Berdasarkan tabel di atas, dapat di tarik kesimpulan untuk pengambilan keputusan dalam analisis korelasi di atas bahwa :
Berdasarkan Nilai Signifikansi Sig. (2-tailed) : Dari tabel output di atas diketahui nilai sig. (2-tailed) antara Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) dengan mata kuliah aljabar (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variable ektifivitas aplikasi zoom dan variable mata kuliah aljabar

1.4 UJI REGRESI
Regression

a. Predictors: (Constant), X

Dari tabel di atas diketahui nilai R Square sebesar 0,945. Nilai ini mengandung arti bahwa tingkat Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) dengan mata kuliah aljabar (Y)adalah sebesar 94,5% sedangkan 5,5% kepuasan dipengaruhi oleh variableT

a. Dependent Variable: Y
b. Predictors: (Constant), X

a. Dependent Variable: Y

a = angka konstan dari Unstandardized Coefficients. Dalam kasus ini nilainya sebesar 1,732. Angka ini merupakan angka konstan yang mempunyai arti bahwa jika tidak ada Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) dengan mata kuliah aljabar (Y) adalah sebesar 1,732.
b = angka koefisien regresi. Nilainya sebesar 0,869. Angka ini mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) maka mata kuliah aljabar (Y) akan meningkat sebesar 0,869.
Karena nilai koefisien regresi bernilai (+), maka dengan demikian dapat di katakana bahwa Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) berpengaruh positif maka mata kuliah aljabar (Y) sehingga persamaan regresinya adalah Y = 1,732 – 0,869 X.

UJI HIPOTESIS MEMBANDINGKAN NILAI T HITUNG DENGAN T TABEL
Hipotesis yang kelompok kami ajukan dalam analisis regresi linear sederhana ini adalah :
• H0 = Tidak ada Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) terhadap mata kuliah aljabar (Y)
• Ha = Ada Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) terhadap mata kuliah aljabar (Y)
• Pengujian hipotesis ini sering di sebut juga dengan uji t, dimana dasar pengambilan keputusan dalam uji t adalah:
1. Jika nilai t hitung lebih besar > dari t tabel maka ada Efektivitas Aplikasi Zoom Meeting (X) terhadap mata kuliah aljabar (Y)
2. Sebaliknya, jika nilai t hitung lebih kecil < dari t tabel maka tidak ada Efektivitas Aplikasi Zoom Meeting (x) terhadap mata kuliah aljabar (Y)

a. Dependent Variable: Y

Berdasarkan output diatas diketahui nilai t hitung sebesar 20.312, Karena nilai t hitung sudah di temukan, maka langkah selanjutnya kita akan mencari nilai t tabel. Adapun rumus dalam mencari t tabel adalah:
Nilai a/2 = 0,05 / 2 = 0,025
Derajad kebebasan (df) = n – 2 =10 – 2 = 8
Nilai 0,025 ; 8 kemudian kita lihat pada distribusi nilai t tabel,maka di dapat nilai t tabel sebesar 2,306

Karena nilai t hitung sebesar 20,312 lebih besar dari > 2,306, sehingga dapat di simpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “ Ada Efektivitas Aplikasi Zoom meeting (X) terhadap mata kuliah aljabar (Y)”.
CATATAN ; Uji t dapat menjadi alternatif uji hipotesis jika nilai signifikasi hasil SPSS tepat di angka 0,05

 

4. KESIMPULAN

Pada hasil analisis yang sudah ada keefektivan zoom cloud meeting pada mata kuliah aljabar yang telah digunakan oleh para mahasiswa dengan segala fitur – fitur yang tersedia dengan segala kelebihan dan kekurangan pada saat menggunakan nya yang sebagian besar membantu para mahasiswa dalam masa pandemi. Dan dalam penggunaan aplikasi tersebut tentu sekali membutuhkan proses yang cukup menunjang pembelajaran yang seharusnya tetap berjalan di dalam pendidikan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan kualitas diri mereka. Aplikasi ini juga patut mendapatkan apresiasi di dalam penerapan dan kegunaan nya. Bagi para mahasiswa yang pernah mendapatkan mata kuliah aljabar pada masa pandemi tentu sekali sangat membutuhkan aplikasi ini yang pasti adanya kekurangan dari setiap penggunannya seperti salah satunya ialah tidak dapat diakses dengan waktu yang lama atau digunakan nya secara terbatas dalam waktu 40 menit . Namun aplikasi zoom cloud meeting memberikan salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting berbasis premium yang bisa digunakan oleh banyak orang. Pembelajaran secara online mendapat tanggapan sangat baik dari mahasiswa karena pembelajaran yang lebih fleksibel saat menggunakannya. Dengan adanya pembelajaran online menjadikan mahasiswa lebih mandiri dan mendorong mahasiswa harus lebih aktif dalam perkuliahan.

Aplikasi zoom cloud meeting berpengaruh positif pada mata kuliah aljabar dengan metode pembelajaran secara daring mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pertemuan oleh dosen dan mahasiswa. Pemanfaatan aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh para mahasiswa , dosen, bahkan pengusaha sekalipun . Tetapi dalam penerapan aplikasi zoom cloud meeting masih butuh perbaikan dari setiap kekurangan yang masih ada . Sehingga kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna terutama di dalam pendidikan dapat lebih terjamin dan mudah diakses oleh siapapun. Oleh karena itu berdasarkan hasil analisis regresi di peroleh nilai adjusted r square sebesar 94,5% yang menunjukkan bahwa mata kuliah pembelajaran sebagai variabel y yang diperoleh oleh keefektivitasan aplikasi zoom sebagai variable x sebesar 94,5%.sisanya sebesar 5,5 % dijelaskan oleh variable lainnya.

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Perpres Publisher Rights Blunder, Wina Armada: Karpert Merah Kehancuran Pers Indonesia

30 April 2024 - 15:21 WIB

Perpres Publisher Rights Blunder, Wina Armada: Karpert Merah Kehancuran Pers Indonesia

Jadwal Imsakiyah Kabupaten Sukabumi Bulan Maret 2024

11 Maret 2024 - 11:17 WIB

Jadwal Imsakiyah Kabupaten Sukabumi Bulan Maret 2024

Diterjang Hujan dan Angin Kencang Atap Rumah Di Parakansalak Sukabumi Ambruk

1 Februari 2024 - 19:10 WIB

Diterjang Hujan dan Angin Kencang Atap Rumah Di Parakansalak Sukabumi Ambruk

Respon Cepat Polres Sukabumi Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Leter S, Cikidang Sukabumi

28 Desember 2022 - 22:31 WIB

Respon Cepat Polres Sukabumi Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Leter S, Cikidang Sukabumi

Giat Tim Puldatan Untuk PTSL di Desa Sinarbentang di Tahap Pengukuran

10 Desember 2022 - 13:56 WIB

Giat Tim Puldatan Untuk PTSL di Desa Sinarbentang di Tahap Pengukuran

Kadis Perikanan Monitoring dan Evaluasi Bansos BBM Kab.Sukabumi Bagi Nelayan

10 Desember 2022 - 06:04 WIB

Kades Perikanan Monitoring dan Evaluasi Bansos BBM Kab.Sukabumi Bagi Nelayan
Trending di News
error: Content is protected !!