Menu

Mode Gelap

Laporan : Puloh · 21 Mei 2024 06:30 WIB

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pemdes Cikakak Bangun Irigasi


					Pembangunan Irigasi di desa Cikakak Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Perbesar

Pembangunan Irigasi di desa Cikakak Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi.

JENTERANEWS.com – Untuk mendongkrak produktivitas sektor pertanian yang merupakan penopang perekonomian mayoritas warga, Pemerintah Desa Cikakak merealisasikan dana desa untuk pembangunan irigasi. Selasa (21/5/2024).

Pembangunan Irigasi tersebut di bangun di Kampung Pasirbendera blok Cigebang Desa Cikakak Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Saluran untuk memenuhi pasokan air lahan pertanian ini dibangun sepanjang 65 meter kiri kanan.

Baca Juga:   Kondisi Fisik Lemah, Lansia Ditemukan Tergeletak Di Terminal Jubleg

Kepala desa Cikakak Dedi Mulyadi, mengatakan, pembangunan irigasi dilaksanakan menggunakan dana desa pada tahap pertama tahun 2024.

“Sesuai dengan hasil Musrenbang desa Cikakak pembangunan irigasi menjadi prioritas, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Dedi.

Menurut Dedi, Selama ini, banyak petani yang mengeluhkan kondisi saluran ini. Air mengalir tidak sampai ke ujung, karena banyak kebocoran di saluran irigasi.

Baca Juga:   Petugas KPPS di Pabuaran Sukabumi Meninggal Diduga Kelelahan

“Demi mendapatkan pasokan air, petani harus rela antri atau bergantian dengan petani lain, bahkan, mereka ada juga yang sampai malam menunggu antrean pasokan air,” ungkapnya.

Kini pembangunan sebagai fasilitas pendukung sektor pertanian tersebut masih dalam proses pengerjaan yang di Laksanakan oleh TPK.

“Saya bersama pak Irvan, selaku ketua BPD selalu inten mengawasi progres pembangunan irigasi tersebut, supaya dilaksanakan dengan baik dan semaksimal mungkin agar hasil bangunannya bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak,” kata Dedi

Baca Juga:   Wakil Bupati Sukabumi Paparkan Strategi Percepatan CTPS Kepada Tim Penilai STBM Award 2022

Mudah-mudahan setelah dibangunnya irigasi tersebut pengairan sawah petani akan lancar dan bisa tercukupi masalah kebutuhan air sawah pertanian dengan harapan ke depan hasil pertaniannya lebih baik dan mengalami peningkatan,” harapnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Editor

error: Content is protected !!