Menu

Mode Gelap

Kabar Daerah · 30 Agu 2022 13:55 WIB

Lewat LKM MADINAH, Program KOTAKU Ciptakan Hunian Sehat di Desa CiJalingan


					Lewat LKM MADINAH, Program  KOTAKU Ciptakan Hunian Sehat di Desa CiJalingan Perbesar

JENTERANEWS.com – Melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan di RT 23 / RW 07 Kampung Pondok Leungsir, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan hasil baseline Program Kotaku, di RT 23 / RW 07 Kampung Pondok Leungsir, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang bermasalah dengan pengelolaan limbah rumah tangga.  Menindaklanjuti hal tersebut, Melalui LPM MADINAH melaksanakan kegiatan pembangunan IPAL komunal.

Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi). Yang akrab bagi masyarakat adalah IPAL untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septic tank.

Lewat LKM MADINAH, Program  KOTAKU Ciptakan Hunian Sehat di Desa CiJalingan

Para pekerja saat menggali tanah yang akan digunakan untuk pembangunan septic tank komunal

Proses pembangunan IPAL komunal dilingkungan itu sempat menemui kendala, diantaranya, penentuan titik septic tank lantaran warga ketakutan pembangunannya bakal berdampak ke sumur mereka. Saat itulah ajang urun rembuk antara warga, jajaran kelurahan, dan fasilitator, pelaku Program Kotaku—termasuk Lembaga Keswadayaan Masyarakat ( LKM ) Madinah, dan akhirnya warga mengamini permintaan membangun septic tank di wilayah tempat tinggalnya.

Baca Juga:   Pemdes Darmareja Bagikan Insentif Untuk Para Pengabdi Masyarakat

Semua pihak sepakat berkolaborasi, Pemerintah Desa Cijalingan, warga, dan LKM Madinah . Ketiga unsur wilayah ini saling memberikan motivasi supaya semangat tak kunjung padam. Hasrat kebersamaan ini dipupuk subur walau pastinya sempat sekali dua surut sesaat, dan untuk saat ini pembangunan septic tank masih dalam pengerjaan, ucap Ketua/Koordinator LKM Madinah, Awan Kurniawan alias Stone, kepada awak media saat ditemui lokasi pekerjaan septic tank, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga:   Manfaatkan Banprov Pemdes Cibodas Rehabilitasi Kantor Desa

Lanjut Stone, Pengelola limbah di RT 23 RW 07 memang memprihatinkan. Dari segi lingkungan, limbah rumah tangga yang ada sempurna meresap ke dalam tanah dan mengalir ke air sungai. Air limbah di tanah mempengaruhi kualitas tanaman. Begitu pun saat air limbah meresap, alirannya bercampur dengan air di dalam sumur, yang masih aktif digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Beragam bakteri dari limbah pun ditanggung pasti mencemari kualitas air sungai, mematikan tumbuhan dan satwa di sungai.

Air limbah yang berasal dari kakus mengandung bakteri E-Coli memicu penyakit tifus, diare, dan kolera. Air buangan kakus yang tak diolah dan dialirkan ke alam berpeluang mencemari ditilik dari sisi kesehatan. Selain itu, jarak septic tank dengan sumur didaerah permukiman padat cukup dekat, maka apabila air limbah tidak diolah terlebih dahulu akan dapat mencemari sumur warga.

Baca Juga:   Hj. Elvi Andi, Resmi Dilantik Jadi Ketua IWAPI Kabupaten Sukabumi Periode 2021 - 2026

Tentu, air sumur yang dimasak mampu mengurangi jumlah kandungan bakteri. Kendati demikian, beragam bakteri yang ada tetap dapat menyebar melalui proses cuci piring, mandi, gosok gigi, yang tak melalui proses masak.

“Dari segi estetika, limbah cair tak terolah akan sama-sama bermasalah seperti limbah padat. Bau yang diakibatkan mencemarkan kualitas udara, dan tumpukannya pun tak sedap dipandang mata. Namun kini, sebentar lagi itu semua sudah tak lagi menjadi kisah di RT 23 / RW 07, Kampung Pondok Leungsir,  Desa Cijalingan,” pungkasnya..(*)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Dalam Rapat Dinas, Bupati Sukabumi Selalu Meminta Jajarannya Mengevaluasi Kinerja, Untuk Mencapai Tujuan RPJMD

19 Juni 2024 - 15:45 WIB

RAPAT DINAS, BUPATI MINTA JAJARANNYA SELALU MENGEVALUASI KINERJA DEMI TERCAPAINYA TARGET RPJMD

Sembelih 6 ekor Sapi dan 27 Ekor Kambing, Polres Sukabumi Kota Salurkan Ribuan Kantong Daging Kurban

17 Juni 2024 - 22:00 WIB

Sembelih 6 ekor Sapi dan 27 Ekor Kambing, Polres Sukabumi Kota Salurkan Ribuan Kantong Daging Kurban

Shalat Idul Adha 1445 H, Bupati Marwan Tekankan Pentingnya Kepedulian Terhadap Sesama

17 Juni 2024 - 13:17 WIB

Shalat Idul Adha 1445 H, Bupati Marwan Tekankan Pentingnya Kepedulian Terhadap Sesama

Kapolres Sukabumi Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Malam Idul Adha 1445H

16 Juni 2024 - 20:24 WIB

Kapolres Sukabumi Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Malam Idul Adha 1445H

Ratusan Bencana Di Kota Sukabumi, Ini Catatan BPBD

16 Juni 2024 - 17:57 WIB

Ratusan Bencana Di Kota Sukabumi, Ini Catatan BPBD

Polisi Amankan 9 WN Cina dan 3 Warga NTT Yang Terombang-ambing di Laut Sukabumi

16 Juni 2024 - 07:38 WIB

Polisi Amankan 9 WN Cina dan 3 Warga NTT Yang Terombang-ambing di Laut Sukabumi
Trending di Kabar Daerah