Menu

Mode Gelap

News · 18 Des 2022 13:00 WIB

Lewat Peragaan Manasik Haji Siswa PAUD se-Kecamatan Sagaranten Belajar Berhaji


					Lewat Peragaan Manasik Haji Siswa PAUD se-Kecamatan Sagaranten Belajar Berhaji Perbesar

JENTERANEWS.com – Ribuan anak-anak usia PAUD  mengikuti peragaan manasik haji anak usia dini se-Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi yang berlangsung di Lapang Sawit Tunggal Sagaranten, Minggu (18/12/2022). Kegiatan tersebut bagian upaya meningkatkan syiar Agama Islam sekaligus membentuk generasi penerus yang shaleh-shalehah.Lewat Peragaan Manasik Haji Siswa PAUD se-Kecamatan Sagaranten Belajar Berhaji

Kegiatan diselenggarakan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi)  bersama Bunda PAUD Kecamatan Sagaranten.

Ketua Himpaudi Sagaranten Elba mengatakan, kegiatan ini di selenggarakan untuk, menjadi harapan semua pihak agar para penerus generasi muda di kecamatan Sagaranten menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah, serta memiliki sumber daya manusia yang cerdas.

Baca Juga:   Baru Dua Bulan Buka Judi Sabung Ayam, YP Terancam Hukuman Sepuluh Tahun Penjara

“Untuk menjadi daerah otonom yang maju, maka Sagaranten membutuhkan masyarakat dengan kemampuan intelektual tinggi diimbangi kecerdasan spiritual dan emosional yang tangguh pula,” ujarnya Elba.

Berkaitan dengan pembangunan di bidang agama, kata Elba, maka upaya diarahkan pada peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal itu dapat dilakukan melalui program peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran dan nilai-nilai agama, baik melalui lembaga-lembaga formal dan non formal.

“Kita yakini bahwa agama memiliki peran utama dan  strategis sebagai panduan etika, dan  landasan moral yang menjiwai kehidupan masyarakat,” katanya.

Adapun salah satu upaya mengenalkan sekaligus memberikan pembelajaran, pemahaman serta pengamalan  ajaran Agama Islam kepada anak-anak adalah melalui kegiatan peragaan manasik haji.

Baca Juga:   Sudah Dilengkapi Berbagai Fasilitas, Objek Wisata Gunung Bentang Malah Terbengkalai

“Kegiatan manasik haji bagi anak usia dini, merupakan salah satu upaya dasar dalam rangka pembelajaran Rukun Islam yang  ke-5. Kegiatan ini akan memberikan dampak psikologis yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak., dimana pendidikan anak usia dini adalah pendidikan pada masa usia keemasan yang merupakan pendidikan fundamental, artinya memberikan penanaman karakter dalam pembentukan kepribadian anak menuju generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia pada usia dini,” terangnya.

Hal yang tidak kalah penting dalam memberi pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama kepada anak-anak, adalah tentang tata cara ritual keagamaan yang dapat diaplikasikan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten seperti membaca Al-Quran, menghafal Al-Quran, salat, puasa, sedekah yang wajib diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Baca Juga:   Ketua DPC, Menghimbau Anggota BPPKB Banten Kembangkan Sikap Santun dan Berwibawa

“Untuk itu kepada para pembimbing dan para guru anak-anak kita, kami menitipkan tunas bangsa ini, calon generasi muda di Sagaranten, untuk diberi pemahaman yang mendalam dari proses manasik dan ilmu pengetahuan lainya, agar mereka anak-anak menjadi cerdas dalam berbagai hal, menjadi generasi yang selamat dunia dan selamat di akhirat,” tuturnya.***

Artikel ini telah dibaca 120 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pohon Tumbang di Sukabumi Timpa Gerbang Hingga Tutup Jalan

4 Februari 2023 - 14:55 WIB

Pohon Tumbang di Sukabumi Timpa Gerbang Hingga Tutup Jalan

PK- KNPI Kecamatan Cidadap Bersama Puskesmas Gelar Diseminasi Bahaya Narkoba dan Seks Bebas

2 Februari 2023 - 21:15 WIB

PK- KNPI Kecamatan Cidadap Bersama Puskesmas Gelar Diseminasi Bahaya Narkoba dan Seks Bebas

Sadis! Remaja di Palabuhanratu Dibacok Orang Tak Dikenal

30 Januari 2023 - 10:29 WIB

Sadis! Remaja di Palabuhanratu Dibacok orang Tak Dikenal

Warga Keluhkan Tambang Bentonit di Curugkembar Sukabumi

23 Januari 2023 - 15:39 WIB

Warga Keluhkan Tambang Bentonit di Curugkembar Sukabumi

Gadis 14 Tahun Digilir 4 Pria, Kasus Rudapaksa Diungkap Polres Sukabumi

18 Januari 2023 - 16:01 WIB

Gadis 14 Tahun Digilir 4 Pria, Kasus Rudapaksa Diungkap Polres Sukabumi

Domba Satu Kandang Raib di Gondol Maling di Cisolok Sukabumi

13 Januari 2023 - 14:17 WIB

Domba Satu Kandang Raib di Gondol Maling di Cisolok Sukabumi
Trending di News
error: Content is protected !!