Menu

Mode Gelap

Kabar Daerah · 11 Mei 2023 15:19 WIB

Membuka Sekolah Lapang Gempa Bumi, Bupati Sukabumi” Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat”


					Membuka Sekolah Lapang Gempa Bumi, Bupati Sukabumi” Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat” Perbesar

JENTERANEWS.com – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Sekolah Lapang Gempa Bumi (SLG) Kab. Sukabumi Tahun 2023, bertempat di Aula Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu. Kamis (11/5/23). Acara yang diinisiasi oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang Selatan diikuti oleh 53 peserta dari berbagai lembaga di Kab. Sukabumi.

Kepala balai besar BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto mengatakan, SLG BMKG bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat mengenai potensi gempa bumi dan tsunami di daerahnya sekaligus cara memitigasinya. Selain itu juga untuk memperkuat BPBD sebagai simpul utama rantai komunikasi di daerah dalam memberikan informasi dan arahan yang benar kepada masyarakat dan SKPD terkait peringatan dini tsunami.

Baca Juga:   Paska Penangkapan Kades Sagaranten Sekmat Pastikan Layanan Tetap Normal

“Ada dua lokasi konsentrasi pelatihan sekolah lapang ini diantaranya Desa Citepus dan Cikakak. Dimana dua lokasi tersebut merupakan wilayah berpotensi tsunami di Kab. Sukabumi” Terangnya

Sambung Hartanto, BMKG akan terus berkomitmen dengan pemerintah daerah dalam mengantisipasi terjadinya tsunami melalui pemasangan peralatan peringatan yang akan tersebar di beberapa kecamatan dan desa yang masuk kategori wilayah potensi bencana.

Tambah Hartanto Kab. Sukabumi memiliki potensi risiko tinggi terhadap ancaman kejadian bencana hidrometeorologi dan gempa bumi. Maka melalui SLG ini, masyarakat diyakini dapat meminimalisir potensi kerugian dan kehilangan dampak bencana tersebut.

“Ada beberapa peralatan peringatan gempa bumi dan tsunami yang akan dipersiapkan, satu diantaranya alat pemantauan gempa bumi, peralatan Accelelograph, dan intencitymeter” Ujarnya.

Baca Juga:   Danposramil Cidolog Koramil 0622-11/Sagaranten Melakukan Komsos Dengan Tokoh Agama

Sementara itu Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengaku sangat bersyukur adanya SLG tersebut, karena dapat meningkatkan pemahaman serta membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BMKG yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui jalinan kerjasama yang saling menguatkan” Ucapnya.

Bupati Sukabumi meminta, agar para peserta yang mengikuti SLG ini bisa menerima pendidikan yang sungguh-sungguh, agar bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan terhadap masyarakat akan bahaya nya gempa bumi dan tsunami.

“Peserta SLG Kab. Sukabumi tahun 2023 harus mensosialisasikan hasil materi yang didapat selama pelatihan dua hari ini kepada masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diharapkan” Pintanya.

Baca Juga:   Kadis Perikanan Monev Sub Pin Polio Di Bojonggenteng, " Semua Antusias Dan Bersinergi"

Bupati Marwan berharap SLG agar menjadi role model dalam mengantisipasi bencana dan bisa berlanjut secara berkala di seluruh wilayah yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami. Lantaran kabupaten sukabumi ini sangat kompleks karena berhadapan langsung dengan laut, sungai, perbukitan.

Diakhir kegiatan dilakukan pemukulan gong oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan secara simbolis pemberian cenderamata dari BMKG Wilayah II Tangerang Selatan Kepada Bupati Marwan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengarahan pelaksana tugas oleh Plt Kepala Pusat Seismologi Teknik Geopotensial Dan Tanda Waktu BMKG pusat dr. Muslih secara virtual. (*)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Dalam Rapat Dinas, Bupati Sukabumi Selalu Meminta Jajarannya Mengevaluasi Kinerja, Untuk Mencapai Tujuan RPJMD

19 Juni 2024 - 15:45 WIB

RAPAT DINAS, BUPATI MINTA JAJARANNYA SELALU MENGEVALUASI KINERJA DEMI TERCAPAINYA TARGET RPJMD

Sembelih 6 ekor Sapi dan 27 Ekor Kambing, Polres Sukabumi Kota Salurkan Ribuan Kantong Daging Kurban

17 Juni 2024 - 22:00 WIB

Sembelih 6 ekor Sapi dan 27 Ekor Kambing, Polres Sukabumi Kota Salurkan Ribuan Kantong Daging Kurban

Shalat Idul Adha 1445 H, Bupati Marwan Tekankan Pentingnya Kepedulian Terhadap Sesama

17 Juni 2024 - 13:17 WIB

Shalat Idul Adha 1445 H, Bupati Marwan Tekankan Pentingnya Kepedulian Terhadap Sesama

Kapolres Sukabumi Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Malam Idul Adha 1445H

16 Juni 2024 - 20:24 WIB

Kapolres Sukabumi Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Malam Idul Adha 1445H

Ratusan Bencana Di Kota Sukabumi, Ini Catatan BPBD

16 Juni 2024 - 17:57 WIB

Ratusan Bencana Di Kota Sukabumi, Ini Catatan BPBD

Polisi Amankan 9 WN Cina dan 3 Warga NTT Yang Terombang-ambing di Laut Sukabumi

16 Juni 2024 - 07:38 WIB

Polisi Amankan 9 WN Cina dan 3 Warga NTT Yang Terombang-ambing di Laut Sukabumi
Trending di Kabar Daerah