Menu

Mode Gelap

Kabar Daerah · 8 Jul 2022 08:45 WIB

Petugas Masih Dalami Penyebab Kebakaran PT SCG di Sukabumi


					Kebakaran bangunan pabrik semen PT SCG di Sukabumi, Kamis malam (7/7/2022). Perbesar

Kebakaran bangunan pabrik semen PT SCG di Sukabumi, Kamis malam (7/7/2022).

JENTERANEWS.com Kebakaran melanda sebagian bangunan pabrik PT Semen Jawa atau PT SCG terbakar di ruas Jalan Raya Pelabuhan II, Kampung Talagasari, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi , Kamis malam (7/7/2022).Kebakaran itu dipicu ledakan dari mesin area Coal Mil Bag Filter pada bagian tungku batu bara sudah dua kali terjadi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Gunungguruh, Ade Suparman mengatakan, pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran itu.

Kapolsek Gunungguruh, Iptu Didin Waslidin mengatakan, kebakaran Bag Filter di area Coal Mil yang merupakan pembakaran batu bara itu, berada di kawasan produksi PT SCG.

“Kebakaran itu, diketahui sekira pukul 21.55 WIB pada saat api sudah membesar oleh satpam, kemudian dua unit Damkar mikik PT SCG dibantu oleh sejumlah unit Damkar Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Baca Juga:   Polisi Amankan 127 Geng Motor, 40 Orang Positif Narkoba

Akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, maupun luka luka. Setelah konsultasi dengan pihak PT SCG, petugas kepolisian belum bisa memastikan secara pasti soal penyebab kebakaran tersebut. “Iya, untuk penyebab sebenarnya juga belum bisa dipastikan karena masih dalam tahap investigasi, sementara untuk jumlah kerugian pun sama belum dapat diperkirakan kerugianya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pemadaman Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Sukabumi, Ismat Ahmad mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 5 unit kendaraan pemadam kebakaran dan 1 unit kendaraan bantuan dari PT GSI.

“Setelah adanya laporan kebakaran ini, kami memerintah kepada pos-pos yang terdekat lokasi kejadian untuk langsung ke TKP, dari Pos Cisaat 2 unit, Pos Cibadak 2 unit, Pos Sukaraja 1 unit dan alhamdulillah dari ada bantuan tim dari PT GSI sebanyak 1 unit kendaraan,” ujar Ismat.

Baca Juga:   Gagal Nanjak, L300 Pengankut Pisang Terguling di Tanjakan Karang Cidolog

Lebih lanjut Ismat mengatakan bahwa proses pemadaman api berlangsung satu jam, berawal dari mulai mendapatkan laporan hingga keluar area lokasi kejadian kebakaran tersebut, akan tetapi DPKP Kabupaten Sukabumi belum bisa menjelaskan awal terjadinya kebakaran.

“Yang jelas bagian yang terbakar itu bagian tungku, dan itu merupakan kejadian yang kedua kali, yang pertama juga terjadi pada tungku, kita tidak bisa memastikan awal terjadi kejadian, karena kita datang ke TKP api sudah sangat besar dari tungku,” tambahnya.

Baca Juga:   Tangki SPBU Cibolang Sukabumi Kebakaran, Seorang Security Alami Luka Bakar

Ismat menambahkan bahwa tidak ada korban pada kejadian ini, karena pada bagian tungku relatif tidak banyak pekerja yang terlibat, di sana hanya ada bagian mesin dan bagian pembakaran.

Menurutnya, luas area yang terbakar hanya 1 bagian tungku saja namun terdapat lima lantai, tadi kami sempat alami kesulitan saat pemadaman, karena peralatan milik kita tidak bisa menjangkau area yang terbakar. Tapi alhamdulillah tadi di TKP, bangunan dari PT SCG ini ada alat proteksi kebakaran berupa hidran, sehingga kami tinggal membawa portabel ke atas, dan pemadaman dilakukan lebih cepat dibandingkan kita dengan tembakkan air dari bawah,” pungkasnya..(*)

Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Peningkatan Kapasitas Pengemudi HPPKS, Sekda Ade” Mendukung Kinerja Lebih Baik”

20 Juli 2024 - 16:27 WIB

Peningkatan Kapasitas Pengemudi HPPKS, Sekda Ade" Mendukung Kinerja Lebih Baik"

Pemerintah Kabupaten Sukabumi meraih Penghargaan Bangga Kencana tingkat Provinsi Jawa Barat

20 Juli 2024 - 16:12 WIB

Pemkab Sukabumi Raih Penghargaan Bangga Kencana Tingkat Provinsi Jabar

Pisah Sambut Kapolresta Sukabumi, Sekda Ade Sampaikan Pentingnya Sinergitas Dan Kolaborasi

19 Juli 2024 - 22:54 WIB

Pisah Sambut Kapolresta Sukabumi, Sekda Ade Sampaikan Pentingnya Sinergitas Dan Kolaborasi

Rakor Forum Satu Data Kab Sukabumi 2024, Bahas Agenda Penting Penetapan Daftar Data

15 Juli 2024 - 15:40 WIB

Rakor Forum Satu Data Kab Sukabumi 2024, Bahas Agenda Penting Penetapan Daftar Data

Pembukaan KKN STISIP Syamsul Ulum, Wabup Minta Mahasiswa Dan Dosen Petakan Potensi Daerah

15 Juli 2024 - 12:15 WIB

Pembukaan KKN STISIP Syamsul Ulum, Wabup Minta Mahasiswa Dan Dosen Petakan Potensi Daerah

Apel Lingkup Sekretariat Daerah, Sekda Ajak ASN Jaga Kekompakan Dan Kebersamaan

15 Juli 2024 - 12:10 WIB

Apel Lingkup Sekretariat Daerah, Sekda Ajak ASN Jaga Kekompakan Dan Kebersamaan
Trending di Kabar Daerah
error: Content is protected !!