Menu

Mode Gelap

Laporan: M.Ridwan · 18 Jul 2023 11:56 WIB

Empat Wanita Sindikat TPO Ke Luar Negri Diamankan Polisi


					Empat Wanita Sindikat TPO Ke Luar Negri Diamankan Polisi Perbesar

JENTERANEWS.com – Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Sukabumi menangkap empat wanita asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang merupakan sindikat tindak pidana perdagangan orang (TPPO) ke luar negeri.

“Empat tersangka ini berasal dari dua kasus TPPO berbeda yakni Dl (55) dan AT (42), kedua tersangka ini ditangkap setelah adanya laporan No. Pol: Lp/B/308/Vi/2023/Spkt/Res Ski/Polda Jawa Barat pada 27 Juni 2023,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi, Senin (17/7).

Sementara, dua tersangka lainnya yakni Ni (39) dan El (43) ditangkap setelah adanya laporan polisi No. Pol: Lp/B/316/Vii/2023/ Spkt/Res Ski/Polda Jawa Barat pada 3 Juli 2023.

Maruly menjelaskan untuk tersangka DI dan AT diduga melakukan TPPO pada November 2022 di Kampung Halimun, RT001/006, Desa/Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi dengan korbannya yakni AN berusia 27 tahun warga Kampung Halimun.

Baca Juga:   Terseret Ombak di Pantai Kapitol Sukabumi, Wisatawan Asal Bali Ditemukan Meninggal Dunia

Dalam melakukan aksinya, kedua tersangka merekrut korban dengan cara ditawari oleh Dl untuk bekerja ke Uni Emirat Arab tepatnya ke Dubai dengan iming-iming upah besar. Korban yang merasa tertarik akhirnya menyetujui untuk menjadi pekerja migran Indonesia.

Kemudian setelah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan dan pembuatan paspor, AN diberangkatkan ke Dubai. Namun ternyata setelah sampai di Dubai, korban dialihkan untuk bekerja ke Suriah.

Parahnya lagi selama bekerja di Suriah korban tidak pernah mendapatkan upah sesuai yang dijanjikan oleh kedua tersangka, sehingga mengadu kepada keluarganya di Sukabumi dan melaporkan kasus ini kepada Polres Sukabumi. Dari tangan tersangka disita satu unit handphone Samsung A51.dan Samsung A12 serta satu buah paspor.

Baca Juga:   Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Baterai Tower di Sukabumi

Sementara, Ni dan El modus yang dilakukannya hampir sama dengan korban berjumlah dua orang yakni Sr (33) dan Er (41) warga Kampung Gobang, RT 007/008, Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Aksi yang dilakukan kedua tersangka ini dilakukan pada November 2022 di Kecamatan Palabuhanratu. Pelaku El menawari korban dan mengaku dapat memberangkatkan kedua korban untuk bekerja di Malaysia.

Kemudian korban dikenalkan dengan Ni yang merupakan sponsor. Agar korban mau berangkat, kedua tersangka membujuknya dengan iming-iming uang bonus Rp5 juta dan juga selama bekerja di Malaysia akan digaji Rp5 juta/bulan.

Namun, kenyataannya uang bonus yang diterima korban dijadikan utang oleh tersangka dengan memotong upah korban selama bekerja di Malaysia. Kedua korban diberangkatkan ke Malaysia pada November 2022, parahnya selama bekerja SR kerap mengalami kekerasan yang dilakukan oleh agensi di Malaysia. Sementara Er harus bekerja tanpa upah sepeser pun.

Baca Juga:   Berkedok Jualan Mie Ayam, 2 Wanita Pengedar Narkoba dan 12 Tersangka Pria Ditangkap Polres Sukabumi

Karena tidak tahan akhirnya korban meminta bantuan keluarganya di Sukabumi dan melaporkan kasus ini kepada pihak Polres Sukabumi dan berhasil dipulangkan pada Maret 2023. Dari tangan tersangka disita satu unit handphone merek Infinix, Iphone 13 Promax dan KTP.

Atas perbuatannya, keempat tersangka terancam kurungan penjara 15 tahun dan denda Rp600 juta sesuai Pasal 2 dan atau Pasal 4 dan atau Pasal 10 dan atau Pasal 11 UURI Nomor 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan TPPO.(*)

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bupati Sukabumi Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Dalam Pilkada 2024

9 Juni 2024 - 10:42 WIB

Bupati Sukabumi Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Dalam Pilkada 2024

Kecelakaan Laut, Wisatawan Asal Depok Tewas Tenggelam Di Perairan Cisolok Sukabumi

9 Juni 2024 - 10:27 WIB

Kecelakaan Laut, Wisatawan Asal Depok Tewas Tenggelam Di Perairan Cisolok Sukabumi

Lansia Ditemukan Tewas Tergulung Ombak di Palabuhanratu

29 Mei 2024 - 10:47 WIB

Lansia Ditemukan Tewas Tergulung Ombak di Palabuhanratu

Pengakuan Pelaku Pembunuhan di Citepus Palabuhanratu, Karena Dipaksa Sodomi

5 Mei 2024 - 09:05 WIB

Pengakuan Pelaku Pembunuhan di Citepus Palabuhanratu, Karena Dipaksa Sodomi

Satu Anggota KNPI Tewas Lima Orang Luka-luka, Usai Diseruduk Truk Di Palabuhanratu

30 April 2024 - 10:40 WIB

Satu Anggota KNPI Tewas Lima Orang Luka-luka, Usai Diseruduk Truk Di Palabuhanratu Sukabumi

Siswi SMAN 1 Cisaat Sukabumi Meninggal Saat Mengikuti Seleksi Paskibra di Palabuhanratu

19 April 2024 - 16:58 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Sukabumi Meninggal Saat Mengikuti Seleksi Paskibra di Palabuhanratu
Trending di Laporan: M.Ridwan