Menu

Mode Gelap

Laporan: Awang Ruswandi · 31 Okt 2023 15:09 WIB

Batal Umroh, 120 Calon Jemaah Di Sukabumi Tempuh Jalur Hukum


					Akibat gagal umroh, 120 calon jemaah menggeruduk kantor travel, pada senin malam (30/10/2023). Perbesar

Akibat gagal umroh, 120 calon jemaah menggeruduk kantor travel, pada senin malam (30/10/2023).

JENTERANEWS.com – Ratusan jemaah ini kecewa setelah PT Tanur Mutmainnah Tour di Jalan RA Kosasih, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, membatalkan keberangkatan ke tanah suci secara sepihak.

Dari informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, pada Senin (30/10) PT Tanur Mutmainnah Tour melepas sebanyak 120 calon jemaah umrah. Namun entah apa yang terjadi, tiga bus rombongan jemaah umroh tersebut malah berhenti di masjid tepatnya di pertigaan Cibolang.

Seluruh jemaah diminta untuk beristirahat. Namun tak disangka, calon jemaah umroh tiba-tiba dibatalkan berangkat ke tanah suci. Sontak, hal itu memantik kekecewaan calon jemaah umroh hingga sempat menggeruduk kantor travel tersebut.

Baca Juga:   Hindari Kecelakaan, Polda Jabar Himbau Anak - Anak Jangan Main Layangan Di Sekitar Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ( KCJB)

“Ya, sudah diperjalanan, tiba-tiba panitia menyuruh berhenti untuk istirahat di masjid Jalur Lingkar Selatan dan akhirnya gagal berangkat,” keluh salah seorang calon jemaah umroh asal warga Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Siti Aisyah (43) kepada wartwan, Selasa (31/10).

Siti menjelaskan, alasan dibatalkannya para jemaah itu karena dari 120 jemaah sebanyak 40 orang belum melunasi pembayaran dan belum mendapatkan visa.

“Informasinya belum ada visa, kalau paspor udah ada. Kan uang saya sudah lunas semuanya 12 orang, 80 orang udah lunas tapi membela yang 40 orang yang belum lunas. Terus sekarang belum ada visa,” jelasnya.

Baca Juga:   Aksi Protes Mahasiswa dan LSM Terkait PPDB Dan Infak Sekolah

Menurutnya, Siti bersama 11 anggota keluarganya telah membayar uang sebesar Rp350 juta dan sudah dilunasi dua minggu yang lalu sebelum keberangkatan.

“Kami sudah melunasinya Rp350 juta. Jelas kami kecewa dengan gagalnya keberangkatan ini, apalagi uang yang kami gunakan untuk umroh itu hasil dari tani,” bebernya.

Saat ini, calon jemaah umroh mendesak agar PT Tanur Mutmainnah Tour dapat mengembalikan semua uang yang sudah disetorkan beberapa waktu lalu.

Baca Juga:   Maling Spesialis Pembobol Rumah Diciduk Polsek Cibeureum Kota Sukabumi

“Kami sempat bertemu, katanya mau 14 November diberangkatkan tapi belum tentu. Saya mah mau uang kembali saja karena kecewa,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Cikole AKP Cepi Hermawan mengatakan, pihaknya sempat memediasi antara para jemaah dan pemilik tour travel. Beberapa jemaah memutuskan untuk menempuh jalur hukum dan membuat laporan ke Polres Sukabumi Kota.

“Kami memediasi antara jemaah dengan pihak travel supaya tidak terjadi gangguan Kamtibmas. Kami juga tidak mencari siapa yang salah, siapa yang benar karena harus melalui proses,” tegas, Cepi. (*)

Artikel ini telah dibaca 93 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Puluhan Sepeda Motor Berknalpot Brong di Sukabumi Diangkut Polisi

21 Januari 2024 - 13:40 WIB

Puluhan Sepeda Motor Berknalpot Brong di Sukabumi Diangkut Polisi

PJ Wali Kota Sukabumi Larang ASN gunakan BBM Subsidi Untuk Mobil Dinas

18 Januari 2024 - 18:41 WIB

PJ Wali Kota Sukabumi Larang ASN gunakan BBM Subsidi Untuk Mobil Dinas

Peringatan Hari Kesadaran Nasional Polres Sukabumi Kota Kibarkan Bendera Merah-putih

17 Januari 2024 - 16:37 WIB

Peringatan Hari Kesadaran Nasional Polres Sukabumi Kota Kibarkan Bendera Merah-putih

Kompak, Forkopimda Kota Sukabumi Tinjau Mitigasi Aliran Sungai Cimandiri

9 Januari 2024 - 13:59 WIB

Kompak, Forkopimda Kota Sukabumi Tinjau Mitigasi Aliran Sungai Cimandiri

Sejumlah Remaja di Sukabumi Kepergok Tengah Nongkrong Sambil Minum Miras Saat Polisi Patroli

7 Januari 2024 - 18:57 WIB

Sukabumi

Kakek 75 Tahun Cabuli Anak TK di Cicurug Sukabumi

29 Desember 2023 - 13:13 WIB

Kakek 75 Tahun Cabuli Anak TK di Cicurug Sukabumi
Trending di Laporan: Awang Ruswandi