Menu

Mode Gelap

Laporan: Deni Nurman · 8 Agu 2023 07:03 WIB

Gelapkan Puluhan Mobil, TNI Gadungan Diringkus Polres Sukabumi Kota


					Gelapkan Puluhan Mobil, TNI Gadungan Diringkus Polres Sukabumi Kota Perbesar

JENTERANEWS.com – Tim Jatanras Satreskrim Polres Sukabumi Kota menangkap sejumlah terduga pelaku penipuan dan atau penggelapan puluhan mobil rental di Sukabumi. Dalam melancarkan aksinya para terduga pelaku bermodus berpura-pura menjadi anggota TNI.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, terduga pelaku yang mengaku sebagai anggota TNI berinisial AA (27) beserta terduga pelaku lainnya, RH (49), YH (26), CI (43) dan WAY (49) yang ditangkap di lokasi dan waktu berbeda.

“AA yang diduga merupakan pelaku utama, diamankan di Jalan Taman Sari VI Mangga Besar, Jakarta Kota, Jumat (28/7/2023) sekitar jam 16.00 WIB. Sedangkan 4 terduga pelaku lainnya, diamankan di wilayah Surade Sukabumi pada Sabtu (29/7/2023) dan Minggu (30/7/2023),” ujar Ari dalam konferensi pers di Mapolres Sukabumi Kota, Senin (7/8/2023).

Baca Juga:   Ibu Pembuang Bayi di Atap Rumah Kebonpedes Sukabumi, Diancam 15 Tahun Penjara

Kejadian berawal pada 12 Desember 2022, lanjut Ari, pelaku utama AA menyewa mobil rental dengan alasan untuk keperluan proyek. Namun oleh AA, kendaraan ini digadaikan kepada beberapa orang penadah atau memberi pertolongan jahat.

“Sehingga dari 15 masyarakat yang menjadi korban di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota membuat laporan Polisi. Dari pengaduan tersebut, kita langsung merespons dengan cepat, yaitu terhitung sejak pelaporan bulan 7, saat ini kita sudah mengamankan pelaku utama yaitu AA dan 4 terduga pelaku lainnya,” ujar Ari.

Baca Juga:   Pedagang di Cisaat Sukabumi Tewas Dibacok, Setelah Tabrakan Motor

Selain itu, lanjut Ari, pihaknya juga sudah berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 25 kendaraan, sebanyak 21 kendaraan merupakan TKP (tempat kejadian perkara) di wilayah Polres Sukabumi Kota sedangkan 4 unit lainnya merupakan barang bukti TKP wilayah Polda Metro Jaya.

“Terhadap para pelaku, kami jerat dengan Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman 4 tahun penjara, kemudian Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Kemudian 480 dengan ancaman 4 tahun penjara dan 481 tentang pertolongan jahat dengan ancaman 4 tahun penjara,” ujar Ari.

Baca Juga:   Hendak Antarkan Daging Kurban, Sang Ayah Ditemukan Meninggal Dunia

Sementara itu, salah satu korban, Ade Ridwan, warga Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, yang merupakan pengusaha rental mobil di Sukabumi, mengapresiasi kinerja Polres Sukabumi Kota yang telah merespon laporan masyarakat dengan cepat.

“Saya apresiasi sebesar-besarnya untuk Polres Sukabumi Kota yang sudah mengungkap kasus ini dengan baik, cepat dan responsif. Mungkin di tingkat Nasional, ini bisa dikatakan kasus yang pertama, khususnya Polres Sukabumi Kota yang sudah mengungkap kasus ini dengan jumlah barang bukti puluhan kendaraan,” ujar Ade.(*)

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Penyebab Kematian Bayi Usai Imunisasi di Sukabumi di Audit Komnas KIPI

16 Juni 2024 - 08:01 WIB

Penyebab Kematian Bayi Usai Imunisasi di Sukabumi di Audit Komnas KIPI

Polisi Tangkap Geng Motor Yang Serang Warga di Terminal Sukabumi

8 Juni 2024 - 10:41 WIB

Satu terduga pelaku amuk geng motor di lingkar selatan Kota Sukabumi diamankan bersama barang bukti senjata

Kapolres Sukabumi Kota Bersama Kejari Musnahkan Ribuan Butir Obat Berbahaya

6 Juni 2024 - 16:19 WIB

Kapolres Sukabumi Kota Bersama Kejari Musnahkan Ribuan Butir Obat Berbahaya

Polres Sukabumi Tangkap Penusuk Debt Collector Yang Kabur Ke Bekasi

3 Juni 2024 - 19:06 WIB

Polres Sukabumi Tangkap Penusuk Debt Collector Yang Kabur Ke Bekasi

Puluhan Motor Knalpot Brong di Sukabumi Diamankan Polisi

2 Juni 2024 - 10:09 WIB

Puluhan Motor Knalpot Brong di Sukabumi Diamankan Polisi

Kebakaran Hebat Di Cikole Kota Sukabumi, Empat Bangunan Hangus Dilahap Sijago Merah

28 Mei 2024 - 21:14 WIB

Kebakaran Hebat Di Sukabumi, Empat Bangunan Hangus Dilahap Sijago Merah
Trending di Laporan: Deni Nurman